Slide

Senin, 21 Februari 2011

Mengenal Bukit Batu

Kab BengkalisKab Bengkalis

Bukit Batu merupakan salah satu dari 13 kecamatan di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Sebagian besar penduduk bermukin di ibu kota Bukit Batu yakni Sungai Pakning. Dahulu Kecamatan Bukit Batu dikenal dengan julukan kota “Atas Minyak, Bawah Minyak“. Saat ini, selain hutan yang luas, sebagian besar wilayah Bukit Batu berisi perkebunan karet,sawit dan kelapa.
Luas Wilayah dan Topografi
Kecamatan Bukit Batu memiliki luas wilayah 1.128 km². Bukit Batu memiliki garis pantai yang cukup panjang karena berada di pesisis Selat Bengkalis – Selat Malaka. Rata-rata wilayah Bukit Batu bertanah gambut dan tanah liat.
Batas Wilayah
Sebelah Utara berbatasan dengan Pulau Bengkalis dan Selat Malaka dan Kota Dumai
Sebelah Selatan berbatasan dengan Kec. Mandau, Kec. Siak Kecil,  Kabupaten Siak
Sebelah Barat berbatasan dengan Kec. Mandau, Kota Dumai
Sebelah Timur berbatasan dengan Kec. Merbau, Kec. Bengkalis
Pembagian Wilayah
Kecamatan Bukit Batu terdiri dari 1 kelurahan (Sungai Pakning) dan 14 desa yakni:
1. Kel. Sei Pakning
2. Desa P. Jambi
3. Desa Dompas
4. Desa Sejangat
5. Desa Sei Selari
6. Desa Buruk Bakul
7. Desa Bukit Batu
8. Desa Sukajadi
9. Desa Parit I AA
10.Desa Temiang
11.Desa Api – Api
12.Desa Tenggayun
13.Desa Sepahat
14.Desa Tj. Leban
15.Desa B. Kerikil
Sungai, Gunung, Lembah
Ada dua sungai kecil yang melalui kecamatan Bukit Batu, yakni Sungai Siput dan Sungai di Desa Bukit Batu. Tidak ada gunung maupun lembah di wilayah ini.
Flora dan Fauna
Karena memiliki hutan yang relatif luas, kecamatan Bukit Batu menyimpan kekayaan flora dan fauna. Berbagai jenis burung (Srindit, Tekukur, Pipit, Elang, dll), ular dan reptil (phyton, daun, air, lidi, dll), mamalia (kera, monyet, rusa, babi, dll), berbagai jenis ikan air tawar. Berbagai jenis tananam baik di hutan maupun diperkebunan menghiasi bumi Bukit Batu. Selain itu, hutan mangrove banyak terdapat di tepian pantai.
Kekayaan Alam
Bukit Batu kaya dengan sumber daya hutannya. Bukit Batu pernah menjadi obyek untuk eksplorasi minyak bumi. Eksplorasi minyak banyak dilakukan di daerah perbatasan dengan Kecamatan Mandau dan Merbau yang kaya minyak. Sedangkan perusahaan terbesar yang ada Bukit Batu adalah unit pengolahan minyak Pertamina. (Pertamina UP II Sungai Pakning).
Iklim
Karena berada di posisi jalur katulistiwa dan dataran rendah, suhu rata-rata harian wilayah Bukit Batu cukup tinggi, berkisar 27°C – 34°C. Bukit Batu seperti daerah lain di Indonesia, hanya mengenal dua musim yakni kemarau dan penghujan.
Demografi

Jumlah Penduduk : 28.708 jiwa (14.854 pria, 13.854 wanita) – Data 2008

Kepadatan : 25,4 orang/km²

Wilayah Terpadat : Kel. Sei Pakning

Suku Bangsa : Melayu, Jawa, Tionghoa, Batak

Agama : Islam, Buddha, Kristen

Bahasa : Melayu, Indonesia, Jawa, Hokkian

Tingkat Pendidikan : –

Perekonomian
Perekonomian masyarakat Riau dibangun dari berbagai sektor, terutama dari pertanian tanaman pangan, perkebunan,dan pekerja di Pertamina UP II Sungai Pakning, nelayan, peternakan dan perdagangan.
Pertanian Tananam Pangan
Pertanian tanaman pangan meliputi sayur-mayur, buah-buahan (pisang, rambutan, nenas, mangga), padi, ubi kayu, jagung dll. Untuk lahan padi seluas 325 ha dengan produksi 1.137,50 ton per tahun.
Perkebunan
Sebagian besar wilayah Bukit Batu dipenuhi perkebunan karet, sawit dan kelapa. Luas area tanaman perkebunan rakyat mencapai 3.711 ha ; kelapa sawit 614 ha; kelapa 1.016 ;dan sagu 60 ha. Produksi tanaman perkebunan rakyat diantaranya karet 2.076 ton; kelapa sawit 1.335 ton; dan kelapa 243 ton.
Industri
Industri utama di Kecamatan Bukit Batu adalah kilang pengelolaan minyak yang dimiliki oleh Pertamina UP II Sungai Pakning. Disamping itu, terdapat industri kecil rakyat seperti kayu gergaji.
Infrastruktur

Lalu lintas melalui darat 98%

Lalu lintas melalui laut 2%

Jalan/gang aspal/beton 22 Km

Jalan tanah 12 Km

Jembatan 6 Buah

4 komentar:

  1. kampung halaman tercinta..
    tambah lg sedarooo..
    bio org tau bukit batu tu jg terknalll

    BalasHapus
  2. insyaallah sedaroooo... thankz eee atas masukannyooo... ;))

    BalasHapus
  3. tingkat kan blogger bukit batu. salam sukses

    BalasHapus

sobat.. pliss kasi kritik, saran dan komentar...