Slide

Kamis, 26 September 2013

MENENTUKAN PRIORITAS HIDUP



Tulisan ini saya ambil dari salah seorang inspirator saya, setahun yang lalu tepatnya pada bulan November 2012, mengisi dikampus saya. 

Pekerjaan rumah terbesar fresh graduate adalah menentukan apa yang harus mereka lakukan sesudah lulus. 

Ada yang ingin bekerja langsung. Ada yang ingin melanjutkan sekolah. Ada yang ingin kerja sambil kuliah. Ada yang ingin istirahat sebentar, alias nganggur, tanpa beban. Ada yang ingin bebas. Bekerja OK, tidak pun ngak masalah!
 

Semua pilihan ini, ternyata tidak gampang dilakukan. Terkadang bikin pusing tujuh keliling. Apa lagi jika pinginnya adalah bekerja sambil kuliah, namun tidak tahu harus bekerja di mana. Sementara, kalau mau kuliah lagi, butuh uang! 

Nah, guna mengatasi persoalan ini, dibutuhkan kemampuan khusus yang dikenal dengan memprioritaskan masalah. 

Kemampuan ini tidak dimiliki semua orang, karena butuh proses belajar. Di antaranya adalah mampu mengidentifikasi minat, potensi, tujuan hidup, kemungkinan kendala serta menyusun waktu (time line). 

Lima aspek ini sebetulnya bisa bersifat universal yang bisa dimanfaatkan dalam banyak kegiatan. Bukan hanya bagi mereka yang baru lulus saja. Dalam kehidupan sehari-hari pula bisa diterapkan, apabila kita tidak tahu atau bingung tentang apa yang harus dikerjakan. 

Jadi, yakinlah, bahwa sebelum anda menentukan langkah, jawab dulu apakah langkah ini sesuai dengan minat atau tidak. Jika ya, potensi apa yang anda miliki yang bisa mendukung? Apakah sesuai dengan tujuan anda jika langkah ini dilakukan? Jangan lupa, diidentifikasi kemungkinan hambatan apa saja yang bakal ditemui ke dapan. Dan yang terakhir, jika sudah matang, tentukan waktunya kapan harus dicapai. Jangan sampai terlalu molor, sehingga anda jenuh dibuatnya! 

Ringkasnya, jika anda kuasai langkah ini, anda tidak bakalan menyesal dengan penentuan segala aktivitas anda!
Good luck! 

Doha, 24 September 2013
Syaifoel Hardy


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sobat.. pliss kasi kritik, saran dan komentar...