Slide

Minggu, 06 Oktober 2013

Apakah Makna dibalik Wisuda??


Perjalanan panjang selama 3-4 tahun dengan bersimbah keringat itu terbayarkan ketika mengikuti  1 momen yang takkan terlupakan yaitu “wisuda”. bukan berarti itu adalah akhir perjuangan, tapi awal menuju sebuah keberhasilan. segalanya sudah menjadi sunnatullah, ada gagal ada sukses, ada suka ada duka, ada hitam ada putih, garis yang telah dicatat di  lauhul mahfuz. sungguh indah perjalanan hidup ini bagi orang yang menikmati dengan sepenuh hati. kini saatnya menjalani sebuah prosesi yang bisa dibilang sakral itu. ya maklum, kan sekali seumur hidup hehehe. toh sebenarnya yang lebih penting lagi pertanggung jawaban atas apa yang telah kita dapatkan yaitu, ilmu, harta dan waktu. akankah makna wisuda itu begitu berkesan atau malah sebaliknya membuat kegalauan, lho kok bisa galau? kemungkinan harus rela ngantri yang namanya “pekerjaan” apakah itu sebuah profesi yang linear atau malah sebaliknya.
Sahabat sahabat saya yang dibanggakan.. kembali kita mengevaluasi  atas prestasi prestasi yang telah kita torehkan ketika menikmati masa masa kuliah, dengan status “mahasiswa” apakah kita benar benar dengan prediket cukup, sangat memuaskan atau cumlaude??? ah itu semua hanyalah sebuah prediket, yang kebih penting adalah cara kita menyikapi semua itu. cukup 2 kata saja “sabar dan syukur”. sabar jika belum sesuai harapan dan syukur ketika sudah sempurna. semua itu sudah digariskan, sesuai dengan kapasitas usaha dan do’a panjenengan sedoyo. :D hehehe. btw 1 hal yang harus digaris bawahi, apakah  karakter anda sudah terbentuk selama 3-4 tahun. kenapa harus karakter? ya percuma IPK Cumlaude tapi karakternya Kemelut.
Dosen saya bilang, IPK itu bukan jaminan, tapi sebagai faktor pendukung saja. setuju atau tidak kawan kawan? *centang+kasi alasannya dibawah tlisan ini yaa J. disatu sisi masyarakat menilai IP itu syarat mutlak untuk masuk kedunia kerja namun adaa yang lebih penting lagii sodara sodara. pengalaman berorganisasi alias soft skill tiap person. itulah yang menjadi nilai plus mahasiswa yang punya potensi organisasi. bukan berarti orang yang kuliah pulang  kuliah pulang itu tidak punya soft skill, tinggal bagaimana ketika sudah memasuki dunia yang penuh dengan tantangan. so mulai dari sekarang buat rekan rekan yang masih muda, yang masih semangat dan masih disemester awal atau tengah manfaatkan waktu anda untuk mengasah soft skill dan mencari pengalaman sebanyak mungkin. sekarang kita tidak akan merasakan manfaatnya, tapi tunggu beberapa tahun kedepan kita akan membuktikan sendiri.
perjalanan anda masih panjang, masih panjaang dan masih punya lika liku. bahkan lebih panjang dari usia kita ini. tidak ada salahnya kita kembali menyingsingkan lengan baju dan ambil posisi posisi strategis didalam kehidupan kampus. atau teman teman yang sudah wisuda akan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi alias pasca sarjana atau sudah punya modal untuk menjadi pengusaha dibidangnya masing masing. yang pastinya sudah siap terjun mengabdikan ilmu yang sudah anda dapatkan. ingat, semakin banyak ilmu yang anda miliki, kemudian anda kembangkan, anda amalkan dan berikan kepada orang lain, insyaallah akan mengalir selama hayat anda bahkan ketika anda sudah tidak didunia lagi, so.. jadilah pribadi pribadi yang snantiasa bermanfaat buat orang lain (buat orang tua tercinta, masyarakat, nusa bangsa dan agama). tetap semangaatt bro n sist… :D


*izin publikasi foto masbro.. ini saya save dari akun fb rizky (tengah), eko (kiri), ucup (kanan)

bukan sekedar curcol #edisi MTA (Mahasiswa Tingkat Akhir)
follow me at twitter @azzampinpin  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sobat.. pliss kasi kritik, saran dan komentar...